Galeri Seneng Artikel

Friday 26 June 2015

Berkaca Pendidikan Dari Negara Finlandia

Pendidikan merupakan hal yang tak boleh di pandang sebelah mata. Di Indonesia pendidikan merupakan ujung tombak bagi siswa dalam menentukan kualitas SDM nya.
Maka dari itu demi meningkatkan kualitas SDM bagi siswa penerus bangsa. Tidak ada salahnya bila pemerintah Indonesia kini mulai merlirik sistem pendidikan di Negara finlandia. Dengan sistem ATM (adopsi. Turuti dan modifikasi) guru dan pemerintah indonesia bisa berkaca dari pola pendidikan di finlandia. Dimana Diketahui bahwa finladia merupakan Negara bagian yang memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik di dunia.
Semenjak tahun 1970, finlandia mulai mereformasi pendidikan dengan merancang sistem meniadakan evaluasi dan rangking. Sehingga siswa di sekolah tidak merasa ada persaingan dan gak perlu merasa berkompetisi.
Disamping itu, profesi guru dalam mengajar siswa di sekolah pun merupakan pekerjaan yang paling bergengsi. Ini dikarenakan untuk menjadi tenaga pengajar di sekolah finlandia para guru merupakan 10 orang terbaik hasil seleksi yang sangat ketat. Maka tak heran bila gaji guru di Negara finlandia rata-rata hampir sekitar 42 juta perbulan.
Tidak hanya gaji yang besar, pemerintah finlandia pun menuntun para guru untuk pembelajaran yang intensif dan optimal, dimana setiap ruangan belajar ada satu orang guru dengan 12 siswa di setiap kelasnya. Sehingga guru dapat memberikan perhatian yang sangat besar terhadap siswa di kelasnya.

Maka dari itu bila pendidikan di Indonesia ingin semaju finlandia, sudah saatnya kini pemerintah melakukan gebrakan ATM (adopsi, turuti dan modifikasi) pendidikan di finlandia sehingga dengan berkaca dari luar kualitas SDM pelajar indonesia bisa semakin lebih maju.

Salam,

M. Muallifi – Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati (Jur.Jurnalistik)

0 komentar: