Galeri Seneng Artikel

Friday 3 July 2015

100 Milyar Dollar Zimbabwe Hanya Mampu Membeli Tiga Butir Telur

Percaya nggak percaya itu terserah kalian. Ini terjadi di negara bagian afrika selatan, Zimbabwe. Setelah saya telusuri dari beberapa situs media ternyata di negara Zimbabwe ini telah terjadi yang namanya hyiperinflasi. Hyiperinflasi adalah kondisi dimana ketika harga – harga barang dipasar naik dengan sangat cepat sehingga membuat nilai mata uang menurun drastis. Sebelum membahas lebih lanjut Biar lebih jelasnya begini nih, dalam kajian ilmu ekonomi Ada yang disebut dengan inflasi, nah inflasi merupakan suatu proses dimana harga dipasaran naik secara terus menerus (kontinu), hal ini disebabkan oleh meningkatnya permintaan konsumsi masyarakat terhadap produk di pasaran. Hal ini juga yang menyebabkan tidak stabilnya distribusi barang dan jasa. Bisa dibilang inflasilah yang menjadi indikator untuk melihat perubahan.
Selanjutnya, inflasi sendiri memiliki beberapa tingkatan. Diantaranya yang paling besar adalah hyiperinflasi. Ini merupakan serangan inflasi yang paling besar, sehingga harga di pasar bisa terus-terusan menaik membuat konsumen tidak mempu menahan uangnya lebih lama atau biasa disebut inflasi yang tak terkendali.
Nah inilah yang terjadi pada saudara-saudara kita di negara bagian afrika selatan, yakni Zimbabwe. Bayangkan saja, 100 Milyar dollar Zimbabwe hanya mampu membeli tiga butir telur. Bisa dibayangkan betapa tak berharganya puluhan dollar disana. Betapa banyaknya milyarder yang hidup di negara yang dijuluki negara termiskin. Aneh bukan.
Bukan aneh tapi ini kenyataan. Terjadinya hyiperinflasi di negara tersebut karena telah terjadinya depresi ekonomi yang sangat berat. Dari beberapa media lokal zimbabwe menyebutkan, inflasi yang terjadi disana adalah yang terbesar di dunia yaitu sekitar 200 juta persen. Woow. Amazing.
Makanya, apabila anda mengunjungi negara tersebut maka tak aneh bila anda akan banyak menjumpai anak kecil berkeliaran dijalanan membawa ratusan lembar kertas bagaikan milyarder. Bahkan di berbagai media menyebutkan, tak aneh apabila uang dollar disana dijadikan sebagai tisu kamar mandi. Ini di akibatkan tidak adanya nilainya uang satu dollar disana. Wooow. Semoga dinegara kita Indonesia tidak terjadi Hyiperinflasi yang sangat besar seperti negara Zimbabwe disana. J

0 komentar: